Saturday, May 17, 2014

Pengaturan Jam di Mikrotik

Sebenarnya, seberapa pentingkah pengaturan waktu di mikrotik dalam jaringan kita. bicara tentang penting tidak nya itu tergantung dengan rule-rule yang kita pake di pengaturan mikrotik. kalo hanya sekedar sebagai gatway saja saya rasa tidak perlu mengaktifkan jam di mikrotik. tapi akan berbeda jika kita membutuhkan pengarturan yang berhubungan dengan parameter waktu, misalkan schaduler.

ketika waktu yang ada di mikrotik tidak sama dengan waktu kenyataan maka rule schaduler tersebut tidak akan berjalan maksimal, atau bahkan bisa kacau balau kerja nya. selain untuk schaduluer juga bisa untuk mengetahui Log pada router mikrotik tidak bisa menyampaikan waktu secara pas ketika anda membuka Log nya.

Pengaturan waktu pada Router Mikrotik bisa dilakukan pada menu System > Clock. By default waktu pada Router Mikrotik menunjukkan jam 00:00:00 tanggal Jan/02/1970. Harus dilakukan penyesuaian waktu pada Router.

Pada RouterBoard, pengaturan manual pada System > Clock tersebut akan kembali ke pengaturan default saat router reboot. Hardware RouterBoard tidak dirancang untuk bisa melakukan penyimpanan waktu seperti hal nya sebuah Komputer.

Alternatifnya, bisa menggunakan service NTP (Network Time Protocol) yang memungkinkan Router bisa melakukan sinkronisasi waktu terhadap perangkat lain pada jaringan.
Mikrotik bisa difungsikan sebagai NTP server maupun NTP Client atau kedua nya secara bersamaan.

untuk settingan SNTP Client silahkan baca halaman ini
Filed Under :

0 comments for "Pengaturan Jam di Mikrotik"

Post a Comment

background